jump to navigation

TUGAS 1 ETIKA BISNIS December 23, 2011

Posted by yudhaaduy in Uncategorized.
trackback

TUGAS 1

a. Semangat Pelayanan Prima

Tanggapan dan komentar saya mengenai prinsip-prinsip pelayanan prima itu adalah suatu pelayanan yang terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain, pelayanan prima merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas. Pelayanan yang memenuhi standar kualitas adalah suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan/masyarakat.

Dalam pelayanan prima terdapat dua elemen yang saling berkaitan, yaitu pelayanan dan kualitas. Kedua elemen tersebut sangat penting untuk diperhatikan oleh tenaga pelayanan (penjual, pedagang, pelayan, atau salesman). Konsep pelayanan prima dapat diterapkan pada berbagai organisasi, instansi, pemerintah, ataupun perusahaan bisnis.

Perlu diketahui bahwa kemajuan yang dicapai oleh suatu negara tercermin dari standar pelayanan yang diberikan pemerintah kepada rakyatnya. Negara-negara yang tergolong miskin pada umumnya kualitas pelayanan yang diberikan di bawah standar minimal. Pada negara-negara berkembang kualitas pelayanan telah memenuhi standar minimal. Sedangkan di negara-negara maju kualitas pelayanan terhadap rakyatnya di atas standar minimal.

Contoh, combiphar berambisi meningkatkan pangsa pasarnya, yang saat itu hanya sebesar 2%, sedemikian sehingga dapat masuk ke deretan lima besar dalam pasar nasional bisnis farmasi. Combiphar tidak memilih strategi product leadersip karena perlu dana besar untuk R&D. Melainkan, memilih strategi cost leadership. Untuk mendukung ambisi tersebut, Combiphar menerapkan ERP berbasis SAP. Dengan sendirinya, bersamaan dengan penerapan ERP ini, sekaligus dilakukan perbaikan proses bisnis.

b. Semangat Fairness

Tanggapan dan komentar saya atas prinsip ini diharapkan memberikan keuntungan terbesar bagi orang-orang yang kurang beruntung, serta memberikan penegasan bahwa dengan kondisi dan kesempatan yang sama, semua posisi dan jabatan harus terbuka bagi semua orang. Karena dengan menjamin terwujudnya proporsionalitas pertukaran hak dan kewajiban para pihak, sehingga secara wajar (obyektif) diterima adanya perbedaan pertukaran asalkan memenuhi syarat good faith and fairness. Dengan demikian,Keadilan harus dipahami sebagai fairness, dalam arti bahwa tidak hanya mereka yang memiliki bakat dan kemampuan yang lebih baik saja yang berhak menikmati pelbagai manfaat sosial lebih banyak, tetapi keuntungan tersebut juga harus membuka peluang bagi mereka yang kurang beruntung untuk meningkatkan prospek hidupnya. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, pertanggungjawaban moralitas ”kelebihan” dari mereka yang beruntung harus ditempatkan pada ”bingkai kepentingan” kelompok mereka yang kurang beruntung.
Contoh : seorang pekerja yang terampil tentunya akan lebih dihargai dibandingkan dengan pekerja yang tidak terampil.

c. Semangat kerja keras untuk maju

Tanggapan dan komentar saya dalam semangat Kerja keras sangat setuju karena kerja keras adalah sebuah tindakan atau perbuatan yang menggambarkan perilaku seseorang yang melakukan usaha atau perbuatan sekuat tenaga, penuh visi, semangat tinggi untuk menggapai apa yang dia inginkan, intinya dia akan berhenti jika goal yang diinginkan tercapai. Kerja keras dapat untuk menjadikan setiap apa yang kita inginkan dapat terwujud, dalam segala bidang pekerjaan apapun itu bentuknya, keberhasilan dan kesuksesan akan tercapai dengan kerja keras, oleh karena itu kerja keras sangat diperlukan untuk mencapai apa yang kita inginkan.
Contoh : Kalbe Farma Perusahaan Farmasi Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, PT KALBE FARMA Tbk. dengan manajemen yang dikelola secara profesional dan berorientasi pada kepuasaan pelanggan, mengundang para profesional muda yang ingin maju serta berkembang.

d. Semangat harmonis dan kerja sama

Semangat Harmonis dan Kerjasama akan tercipta bila mulai dari individu sudah tertanam jiwa menghargai dan kerjasama yang tinggi terhadap individu lain sehingga akan tercipta keleompok – kempok bagian di perusahaan yang harmonis dan memiliki kerjasama yang kuat. Karena dalam keharmonisan dalam melakukan sesatu hal penuh dengan pertimbangan serta kerjasama dalam melakukan suatu tindakan dan tepat mengambil keputusan, sehingga keputusan yang diambil bias sesuai yang diinginkan dan memuaskan. Dan pada akhirnya akan tercipta individu – individu yang kompeten dalam bidangnya masing –masing karena selalu damai dalam melakukan sesatu hal penuh dengan pertimbangan serta kerjasama dalam melakukan suatu tindakan serta tepat mengambil keputusan, sehingga keputusan yang diambil bias sesuai yang diinginkan dan memuaskan.
Contoh : Seperti kita bermain bola, dalam sebuah tim untuk mencetak gol ke gawang lawan Pemain sejago apapun jika dia bermain/ menggiring bola sendiri maka menjadihal mustahil untuk mencetak gool, Begitu pula dalam sebuah Perusaahan Kerjasama TIM sangatlah penting Untuk mencapat target atau tujuan penjualan yang akan diharapkan

e. Semangat hormat dan rendah hati

Tanggapan dan komentar dalam Semangat Hormat dan Rendah hati harus dilakukan keterampilan yang diibaratkan sebagai harta karun. Harta karun yang didiamkan saja (tidak dimainkan atau tidak diivestasikan), akan mengalami stagnasi atau bahkan penyusutan (berkurang). Dengan senantiasa menggunakan rasa hormat dan kerendahan hati, dalam kehidupan sehari-hari, kita diibaratkan sedang memainkan atau menginvestasikan harta karun yang ada pada diri kita. Investasi dapat dikonotasikan sebagai kegiatan menanam atau menyimpan harta karun, sehingga harta karun tersebut berkembang. Menginvestasikan nilai kerendahan hati dan rasa hormat, berarti memberikan, menyampaikan, atau menyimpan nilai tersebut pada orang lain. Nilai investasi akan semakin banyak, jika kita dapat memberikan dan menyampaikan nilai (kerendahan hati & rasa hormat) kepada setiap orang (jiwa); bukan hanya kepada kelompok usia, golongan, atau orang tertentu.
Contoh : Contohnya adalah ramping (positif mempengaruhi) vs kurus (dampak negatif), hemat (positif) vs pelit (negatif), kebebasan tempur (positif) vs teroris (negatif), dll

f. Semangat mengikuti hukum alam

Tanggapan dan komentar saya hukum alam itu merupakan Hukum alam yang membahas keseimbangan dalam melakukan sesuatu harus berhati-hati agar hal buruk tidak menimpa kita. Kita akan mendapatkan perlakuan buruk dari seseorang apabila kita juga memperlakukan orang dengan buruk. Mengenai hukum alam dapat cepat dibuktikan melalui pengamatan panca indera atau bersifat empirik. Karena bersifat empirik, maka orang mudah meyakini (mengimani) kebenaran hukum alam. Sikap percaya ini kemudian melahirkan sikap hati-hati menghadapi hukum alam
Contoh : apabila sebagai seorang anak, tidak mau mematuhi orang tua, tidak menghormati yang lebih tua, maka tunggu saja saat tua nanti dan saat kita telah berubah status menjadi orang tua pastilah anak-anak kita tidak akan mau patuh pada kita.

g. Kejujuran adalah pangkal sukses

Tanggapan dan komentar saya mengenai kejujuran itu adalah sebuah kata yang telah dikenal oleh hampir semua orang. Bagi yang telah mengenal kata jujur mungkin sudah tahu apa itu arti atau makna dari kata jujur tersebut. Namun masih banyak yang tidak tahu sama sekali dan ada juga hanya tahu maknanya. Kejujuran harus di Simpan di diri kita dan dilakukan. Kejujuran yang harus dilakukan dengan melalui sikap kita. Apabila kita tidak mengenal kata kejujuran maka akan bisa berpengaruh dalam kehidupan kita akan tetapi apabila kita mengenal kejujuran maka tidak terlalu buruk bagi kehidupan kita. maka dari itu bersikap jujur lah kepada semua orang karena itu tidak merugikan kita semua
Contoh : seorang kepala kantor juga akan kecewa berat jika bendaharanya tidak jujur sehingga uang yang mestinya untuk kebutuhan kantor diselewengkan untuk keperluan lain atau malah pribadinya.

h. Semangat bersyukur

Tanggapan dan komentar saya mengenai prinsip dalam semangat bersyukur ini sangat penting sekali. Karena bersyukur adalah sebuah perbuatan yang patut untuk kita lakukan, karena didalam rasa bersyukur, kita menghargai dan menghormati Kebesaran Tuhan yang sudah diberikan pada masing-masing kita semua. Bersyukur tidak mudah untuk dilakukan, karena penilaian yang bisa diberikan bukan dari perbuatan dan perkataan kita saja, tapi Tuhan bisa melihat dalam Hati Kita yang sesungguhnya. Segala cobaan hidup yang terus mengguncang keadaan kita, membuat kita tidak bisa memberikan rasa syukur yang sepenuhnya

Contoh : Ada sebuah cerita mengenai seorang bapak yang pekerjaan sehari-harinya adalah Tukang Becak, dan suatu hari, dia melihat seseorang yang melintas dengan mobil mewah dihadapannya dengan pakaian yang sangat rapi, dan dia adalah salah satu boss dari perusahaan yang ada di negeri kita ini. Kemudian bapak tukang becak ini berkhayal,
“Andai Saya bisa hidup seperti orang yang didalam mobil itu, pasti Hidup ini terasa Sempurna”.
Disaat yang sama, Bapak yang didalam mobil tersebut pun dengan masalah-masalah yang dihadapinya dalam bisnis yang banyak sekali rintangan yang harus dihadapi, diapun melihat pada tukang becak yang sedang santai di kursi becaknya, dan berkata dalam hatinya,
“Andai Saya bisa seperti bapak tukang becak itu, tanpa banyak masalah seperti yang Saya alami, pasti Saya bisa lebih menikmati hidup ini”
Dari cerita diatas, Kita bisa mengambil hikmah bahwa, manusia hidup tidak pernah merasa puas dengan keadaan yang diterimanya. Sudah bergelimang harta dan kedudukan tinggi, tidak membuat mereka mensyukuri apa yang mereka dapatkan. Begitu juga bila hidup walau tidak berlimpah harta dan kedudukan, tapi memiliki kehidupan yang cukup dan harmonis.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: